Saturday, 21/7/2018 UTC+0
Brigade Infantri 7

Tentara Gadungan Ditangkap Dan Brigif 7/RR

Tentara Gadungan Ditangkap Dan Brigif 7/RR

Sei Rampah, (Analisa). Komandan Brigif 7/Rimba Raya Kolonel Inf Prasetyo menangkap seorang oknum warga sipil yang mengaku anggota TNI,Senin (29/2) sekitar pukul 11.45 WIB di Simpang Pasar Rodi Dusun II Desa Firdaus Kecamatan Sei Rampah,Sergai.

Oknum yang mengaku anggota TNI ini bernama Joko Suseno (40) warga Bandar Setia Gang Rezeki Tembung Kecamatan Percut Sei Tuan,Kabupaten Deliserdang tertangkap tangan berpakaian dinas lengkap berpangkat Serka mengenderai sepeda motor berboncengan tanpa menggunakan helm dan ketika diberhentikan Komandan Brigif 7/ RR Kolonel Inf Prasetyo tidak respek memberi hormat barulah diketahui ternyata Joko Suseso adalah anggota TNI gadungan.

Informasi yang diperoleh dari Pasi Intel Yon 121 TS Kapt Heri yg mendampingi Dan Brigif 7 /RR saat itu selesai mengecek kesiapan di lapangan dalam rangka kunker Presiden RI, kemudian singgah disebuah warung perbaungan dan mendapat keterangan bahwa ada anggota TNI berpakaian dinas makan dan minum serta mengambil15 bungkusrokok tanpa membayar.

Mendengarkan ucapan pemilik warung tersebut Dan Brigif Kolonel Inf Prasetyo langsung membayar keseluruhan barang yang diambil oleh anggota TNI gadungan tersebut dan mencari keberadaanya.

Selanjutnya Dan Brigif melanjutkan perjalan dari Perbaungan menuju kota Sei Rampah akhirnya oknum tersebut terlihat oleh Dan Brgif 7/RR disekitar kawasan Matapao arah Tebingtinggi,sebab dilihatnya ada oknum Tentara naik sepeda motor dibonceng pakai baju dinas tapi tidak pakai helm.

Persis di Simpang Pasar Rodi Desa Firdaus Kecamatan Sei Rampah, Mobil Dinas Dan Brigif 7/RR mendahului pengendara sepeda motor tersebut,anehnya oknum yang mengaku TNI tersebut bukannya melakukan penghormatan,tetapi malah belagak sok jagoan dan tidak mengenali Kolonel Inf Prasetyo.

Melihat kelakuan oknum ini, spontan Dan Brigif 7/RR emosi dan menampar pelaku sambil menangkapnya, sedangkan temannya langsung kabur melarikan diri dengan mengenderai sepeda motor jenis Honda Beat menuju arah Tebing Tinggi setelah melihat kawannya ditangkap.

Kemudian oknum tersebut diserhakan oleh Dan Brigif kepada Polres Serdang Bedagai untuk diproses sesuai dengan hukum yang berlaku.

Pasi Intel Yon 121 TS Kapt Heri mengatakan teman Sujuno Suseno yang bernama Agus warga yang sama kabur setelag melihat Dujono ditangkap. Sedangkan baju dinas yang dipakainya memakai pangkat Serka dari Kesatuan RINDAM I BB,dan yang menimbulkan kecurigaan yakni yang dipakai tersangka adalah jaket tapi ditempeli pangkat dan bukan baju dinas, sekalipun tersangka memakai sepatu lars Provost Militer tetap jelas ada kelainan,ungkap Kapt Heri.

Pengakuan Sujono kepada Polisi cukup berbelit dan ketika ditanya wartawan di ruang Reskrim Polres Sergai dirinya mengaku kalau baju dinas tersebut diberikan kawannya yang Tentara asli sebagai kenang kenangan sebelum bertugas ke Aceh.Dan baru digunakannya beberapa hari sebelum kejadian,itupun atas ajakan Agus temannya yang kabur pergi ke Dolok Masihul untuk meminta rokok kepada pengusaha pengusaha warung yang ujungnya nanti dijual, terang Sujono.

Untuk pengusutan kini tersangka TNI gadungan tersebut diperiksa di Sat Reskrim Polres Sergai dan sebagai barang bukti,yaitu baju dinas Militer, sepatu lars Provost dan 12 bungkus rokok terdiri dari JI Sam Soe, Sempurna, Marlboro dan lainnya sudah disita pihak Polisi.

Kapolres Serdang bedagai AKBP Hernowo Yulianto SIK melalui Kasubbag humasnya AKP Jasmoro ketika dihubungi membenarkan penangkapan anggota TNI gadungan tersebut oleh Komandan Brigif 7/Rimba Raya Kolonel Inf Prasetyo kemudian diserahkan ke Polres Sergai untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut lanjut, kata Jasmoro. (bah)

About

Brigade Infanteri 7/Rimba Raya merupakan salah satu satuan yang membawahi tiga satuan Tempur setingkat Batalyon yang organik administrasi berada di bawah Kodam I/Bukit Barisan. Sebagai salah satu satuan Organik Kodam I/BB dituntut untuk memiliki kemampuan agar dapat melaksanakan tuas-tugas yang diberikan, baik tugas pertempuran, tugas pembinaan teritorial, maupun tugas lain sesuai dengan kebijaksanaan dari Komando Atas.

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *